Saturday, February 9, 2013

Langkah membangun the ESQ way.


Langkah membangun the ESQ way.
Konsep ESQ model yang merupakan perangkat mental dan spiritual engineering  untuk pengembangan karakter  dan keperibadian  yang  digagas berdasarkan nilai ketuhanan atau the spirit of God. Yang pada akhirnya akan menghasilkan manusia unggul disektor emosi dan spiritual yang mampu mensinergikan kekayaan hati,pikiran dan phisik dalam satu kesatuan yang  integral.
ESQ model adalah tingkat pemikiran baru ( the new level of thinking  )untuk menjawab problematika  yang rumit dalam hal penggabungan kecerdasan intelektual ,emosional dan spiritual.konsep ESQ model akan mel;ahirkan manusia unggul,yang tentunya hal itu tidak bias terjadi tanpa suatu proses yang berkelanjutan dan komitmen yang kuat pada diri sendiri,komitmen akan berpusat pada kebenaran sejati  yang bersipat universal  atau fitrah suara hati.

Ada beberap bagian yang perlu dibahas :
1.       Zero mind process
Disini mengungkapkan belenggu hati dan mencoba mengidentifikasi belenggu tersebut sehingga dapat dikenali apakah paradigm tersebut telah menutup suara hati manusia.hasil ahir yang diharapkan adalah suara hati murni atau disebut dengan fitrah yang terletak pada God Spot.
2.       Mental building.
Berisikan cara mengolah God Spot  secara sistematis melalui enam prinsip dasar .dimulai dengan membangun star principle,angel principle,leadership principle,learning principle,vision principle and well organized principle
3.       Personal Strength
Pengolahan God Spot  secara berurutan dan sistematik berdasarkan pada lima pillar yaitu mission statement,dilanjutkan dengan pembentukan karakter secara berkelanjutan dan intensif disebut dengan character building ,diikuti dengan pengendalian diri atau self control.ktiga langkah ini akan menghasilkan ketangguhan pribadi atau personal  strength
4.       Social Strength
Mengeluarkan potensi  spiritual  menjadi langkah nyata dan melakukan sinergi. Ini adalah perwujudan tanggung jawab social  seorang individu yang telah memiliki ketangguhan pribadi.atau disebut dengan istilah strategic collaboration  dan diakhiri dengan langkah total disebut total action.

Maka sebagai rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual berdasarkan the ESQ way yaitu:
1.       Hati yang bersipat ihsan yaitu God Spot sebagai pusat.
2.       Prinsip moral berdasarkan rukun iman ( pillar of belief )
3.       Langkah sukses  berdasarkan rukun islam   ( pillar of Islamic religion )   

No comments:

Post a Comment