Sunday, February 10, 2013

Proses Penjernihan Pikiran




Sebagaimana diungkapkan oleh  sir Charles Shereington berbunyi  :Otak manusia begitu mempesona, jutaan kumparan berkelip membentuk pola tertentu  dari pola-pola yang lebih kecil,penuh arti dan tak perna padam atau diam,dengan perubahan yang harmonis  bagai galaksi bimasakti memasuki suatu kosmik yang berdansa.
Kemudian hatimu menjadi keras sesudah itu sehingga seperti batu,lebih keras lagi,sebab ada batu batu yang memancarkan sungai-sungai daripadanya, dan ada pula yang terbelah mengeluarkan air.dan ada juga yang meluncur jatuh,karena takutnya kepada Allah. Dan Allah tiada lengah akan apa yang kamu lakukan.( QS.2:74 )
Dalam ayat lain Allah berfirman :sungguh,Allah tidak  akan mengubah nasib satu kaum jika mereka tidak mengubah keadaannya sendiri ( QS 13:11 )
Dalam kehidupan sehari hari ,kita menyadari bahwa  sepotong kalimat atau suatu kejadian mampu membelenggu pikiran seseorang. Belenggu tersebut mampu menghasilkan sikap yang dapat  merugikan .
Dalam diri telah dikaruniai oleh tuhan sebuah jiwa,yang dengan jiwa itu ,ia bebas menentukan pilihan reaksi,bereaksi positif atau negatif,bereaksi berhenti atau melanjutkan ,bereaksi marah atau sabar,bereaksi reaktif atau proaktif,bereaksi baik atau buruk,sungguh Allah mengilhami  sukma kejahatan dan kebaikan,sungguh bahagialah siapa yang menyucikan ,dan sungguh rugilah siapa yang  mencemarkannya.
Manusialah sebenarnya penanggung jawab penuh dari  reaksi  ,sikap dan juga keputusan itu,orang harus mempunyai prinsip yang kuat dalam kerangka berpikir  karena prinsip terbentuk karena kondisi dari  luar ,bukan dari dalam dirinya. Manusia  seharusnya  meski secara fisik terbelenggu,ia mampu berpikir merdeka,inilah yang disebut kemerdekaan berpikir.
Jika kita berbicara tentang suara hati,kita tentu menyadari bahwa  suara hati manusia pasti akan sama dirasakan  oleh manusia  diseluruh dunia,jika dihadapkan pada suatu kiondisi tertentu terutama yang terkait dengan suatu kondisi yang dialami oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat . apakah ia orang kaya,miskin,penganut agama apapun akan merasakan suara hati murni yang sama,jika berada dalam kondisi fitrah.suara yang yang universal inilah yang disebut dengan God Spot .dan inilah yang dinamakan kesadaran spiritual.
Bukti suara hati yang fitrah juga dapat dirasakan misalnya ketika kita menyaksikan tayangan film yang menceritakan kasih sayang atau nakna kemanusiaan dan kesetiaan.maka suara hati akan mengakuinya  seperti munculnya rasa haru  dan air mata menetes karena mengingat sipat cinta ,tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya.
Limited Partnership Agreement

No comments:

Post a Comment