Thursday, February 7, 2013

Manakah lebih penting antara IQ dan EQ



Manakah lebih penting antara IQ dan EQ
Untuk menjawab pertanyaan diatas,diperlukan bukti yang mendukung uraian masing  masing beserta contoh yang mendukung, karena dari contoh itu kita bias menentukan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan tentang yang mana lebih penting  diantara keduanya. Jika kita mengamati mata pelajaran yang diberikan di sekolah atau di perguruan tinggi, kebanyakan mata pelajaran tidak mengajarkan pentingnya kecerdasan emosional yang mampu  mengalirkan  sikap-sikap seprti integritas,komitmen,visioner serta kemandirian yang sebenarnya sangat diperlukan  oleh para siswa /mahasiswa untuk mencari kerja ,dan mengisyaratkan bahwa masih rendahnya kesadaran  dan apresiasi tentang kecerdasan emosional di sekolah.

Dari kenyataan dimasyarakat yang dihadapi adalah kurangnya komitmen,integritas ,semangat kreativitas dan konsentrasi daripada  pekerja/pencari kerja.sehingga menimbulkan benturan atau rintangan dalam mencapai kesuksesan dalam karir mereka. Kita harus menyadari bahwa  penanaman kemampuan emosional  serta member pemahaman bahwa keberadaan emosional quotion ( EQ ) sangat penting  dalam kehidupan mereka.
Para tenaga kerja tentu memiliki kemampuan secara teknis seperti mengoperasikan computer,akuntansi,kemampuan bahasa asing,dan  pengetahuan lainnya sesuai dengan bidang keahlian masing-masing ,tetapi itu bukan jaminan keberhasilan karir mereka,kerena kenyataan dilapangan  yang sangat keras  disamping tantangan yang variatif,persaingan dunia usaha  dan persaingan para pencari kerja menjadi persepsi yang ada  dikepala mereka. Maka tentu disamping keahlian pada bidangnya masing-masing  harus mempunyai langkah yang mengacu kepada ketahanan emosional dan kemampuan untuk menerapkannya dilapangan kehidupan,
Sebagai contoh yang dapat dijadikan acuan sperti cerita yang ditulis oleh Ari Ginanjar Agustian  dalam ESQ Jilid 1.hal.4 menceritakan bahwa beliau berhasil  sangat mengejutkan meraih prestasi pemasaran bidang  pemasaran GSM Telkomsel di wilayah Bali selama dua tahun berturut-turut.
Mengambil hikmah dari dari semua pengalaman bapak Ari Gustian diatas,beliau menyimpulkan bahwa keberadaan EQ memang mutlak diperlukan untuk mencapai prestasi tinggi. Karena aspek yang sangat penting dalam menjalankan usaha diantaranya adalah aspek “hati”.Hal ini mendapat pengokohan bukti dari  sebuah survey  yang dilakukan terhadap ribuan eksekutif,manajer dan wiraswastawan yang menunjukkan  bahwa sebagian besar diantara mereka mengandalkan dorongan suara hati sebagai sumber kecerdasan emosi dalam hamper semua keputusan dan interaksi yang diambilnya selama bertahun-tahun.-

No comments:

Post a Comment